Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 13 November 2015

PEMBENTUKAN WARGA PEDULI AIDS (WPA) KECAMATAN PABUARAN


Menurut data Dinkes Provinsi Banten, penderita HIV – AIDS di Kabupaten Serang perkembengan penyakit HIV dan AIDS meningkat pesat, sampai September 2015 tercatat  406 kasus HIV dan 130 Kasus AIDS(kasus yang terlaporkan). Data ini sangat memprihatinkan semua pihak. Apa lagi mengingat data kasus yang ada hanya merupakan “fenomena gunung es” (yang tampak hanya bagian atasnya = kasus yang terlaporkan). Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Provinsi Banten khususnya di Kabupaten Serang merupakan kebutuhan yang mendesak dan sangat penting.        

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Pedoman Umum Pembentukan Komisi Penanggulangan AIDS dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Penanggulangan HIV dan AIDS di Daerah, dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Inmendagri) Nomor 444.24/2259/SJ Tentang Penguatan Kelembagaan Dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan HIV Dan AIDS Di Daerah, bahwa untuk  mencapai tujuan dalam upaya pencegahan dan pengendalian yang berhasil dan berdaya guna, maka perlu adanya pelibatan masyarakat dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS tersebut. Untuk menekan angka penyebaran Infeksi Menular Seksual (IMS) serta HIV dan AIDS dikalangan pekerja seks dan pelanggan, diperlukan sebuah “Strategi Intervensi Struktural”  yang melibatkan masyarakat sebagai unsur penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS.

Dukungan secara konkrit dari semua pihak termasuk masyarakat  akan mampu meminimalisir penularan HIV di kalangan masyarakat.  Dinas Kesehatan selaku leading sektor dan KPA Kabupaten Serang selaku pendorong dan pengkoordinasi dalam upaya menekan laju penyebaran HIV dan AIDS, membutuhkan respon yang kuat dari seluruh jajaran di tingkat SKPD dan masyarakat dengan komitmen dan partisipasi aktif.



       Tujuan
Tujuan Umum :
Adanya pemahaman warga masyarakat terhadap dampak HIV dan AIDS serta keterlibatan masyarakat sebagai wujud partisipasi dalam Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Serang.

Tujuan Khusus :
1. Meningkatkan kesadaran dari anggota masyarakat terhadap upaya pencegahan penanggulangan HIV dan AIDS.
2.      Miningkatkan peranserta (keterlibatan aktif) anggota masyarakat terhadap upaya pencegahan penanggulangan HIV dan AIDS.

     Kegiatan
-        Sosialisasi HIV dan AIDS Serta Pembentukan Warga Peduli AIDS (WPA) di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang.





dengan diadakannya kegiatan tersebut masyarakat mampu memahami mengenai penularan dan pencegahan HIV dan AIDS di lingkungannya. dan masyarakat dibekali ilmu pengetahuan mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit HIV dan AIDS dan meneruskan informasi kepada masyarakat yang berada dilingkungannya mengenai Pencegahan HIV dan AIDS.





Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum'at Tanggal 13 November 2015 di Aula Kecamatan Pabuaran. Peserta Terdiri dari Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Pabuaran, Unsur Muspika Kecamatan Pabuaran, Tim penggerak PKK, PKM Pabuaran, Forum Remaja Kecamatan Pabuaran, MUI Kecamatan Pabuaran, Karang Taruna, KUA Kecamatan Pabuaran dan Masyarakat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar